Disiplin adalah Nafsuku



Sontoloyo tenan arek-arek iki. Usia masih muda, status masih mahasiswa. Secara logika pelajaran baca tulis sudah katam, sampek ngelontok ke ubun-ubun. Jan-jane kie masih waras juga dalam pendengaran dan penglihatan. Tapi kok ya dengan keluguan dan kepura-puran seolah-olah ngga bisa mbaca sitik.

          “Disiplin adalah Nafsuku”, ceplos kang fathu. “Disiplin adalah Nafsuku”, kang ricky juga . “Disiplin adalah Nafsuku”, mbak yu reta dalam hati.

Ternyata ya cerdas juga arek-arek iki sampai-sampai disiplin itu diposisikan ke dalam sebuah nafsu mereka, hal-hal yang baik dinafsui sedangkan hal-hal yang buruk dipuasai. Angel ki bahasane dhuwur tenan.

Pada mentelengi tulisan yang sama,“ha.ha.ha.ha.ha.ha.ha”,ngakak bareng-bareng. Sik-sik-sik, masak moto sebuah perusahaan pake nafsu segala, sudah manusia itu diberi nafsu, kok sampe perusahaan punya nafsu segala. Jan aneh tenan. Manusia itu dianugerahi 3 hal yaitu pikiran, akal dan nafsu. Pikiran itu adalah ide yang menghasilkan cara melakukan sesuatu. Akal itu adalah rem nya dan nafsu itu adalah pedal gas nya. Jadi ketiga-tiganya merupakan suatu rangkaian yang tak terpisahkan. Ternyata segala sesuatu yang salah itu belum tentu buruk hasilnya,, dilihat dulu dalam konteks apa.

Mayare yang lagi diperbincangkan sebenarnya adalah disiplin adalah nafasku dan kehormatan adalah segala-galanya, ya rodhok mirip juga secara tulisan dan pengucapan. Sontoloyo tenan hahahaha. Menjadikan segala sesuatu apapun itu sebagai nafas, mempunyai makna yang sangat dalam dibaliknya. Manusia hidup itu dengan cara bernafas. Tanpa bernafas manusia itu tidak akan bisa hidup. Bisa kita tarik benang merah tentang disiplin adalah nafasku. Disiplin itu adalah cara bagaimana suatu perusahan itu bisa terus berproduksi dan terus berkembang, ya dengan disiplin dalam segala hal. Jadikanlah apapun itu sebagai nafasmu, sebagai caramu untuk berubah menjadi lebih baik, menjadi orang yang bermanfaat bagi umat. Mensyukuri atas karuniaNya yang telah diberikan kepada kita secara Cuma-Cuma.

Ngaji adalah nafasku, sholat adalah nafasku, zakat dan sedekah adalah nafasku, membaca dan menulis adalah nafasku. Apalagi??

                                                                                                        Malang, 14-12-2012
                                                                                                              At Pujasera UM




8 Komentar:

Unknown mengatakan...

:)

wahyu candra mengatakan...

good... lanjutkan boss :D

Unknown mengatakan...

Oke mas

Unknown mengatakan...

nice, ^^

Anonim mengatakan...

awal yang baik....
nice real story!

Anonim mengatakan...

awal yang baik...
nice real story....mas bray!

Anonim mengatakan...

awal yang baik.
nice real story mas bray...

Unknown mengatakan...

thanks kawan2 kawan... semoga menjadi lebih baik lagi karya-karya nya.. amiiinnn