Skala Prioritas



Sumber Gambar : wwwwaynebimo.wordpress.com
             Hidupmu itu banyak kepentingan, banyak urusan, banyak tugas, banyak perkara-perkara yang harus kamu selesaikan baik perkara dunia maupun perkara akhirat, yang kesemuanya itu harus dijalankan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan hidupmu untuk memenuhi ataupun memuaskan apa yang selama ini kamu idam-idamkan.

          Dalam sehari ada berapa urusan yang mampu kamu selesaikan, dalam seminggu ada berapa tugas yang mampu kamu kerjakan, dalam sebulan ada berapa kepentingan yang sudah bisa memuaskan dirimu? Otak kita hanya mampu memikirkan satu hal dalam satu waktu, artinya dari berbagai macam kepentingan dan urusanmu tadi hanya bisa kau pikirkan satu urusan dalam satu waktu. Maka bagaimana caramu, bagaimana trikmu untuk menyelesaikan semua yang menjadi urusanmu tadi tanpa ada campur pikiran untuk urusan-urusan yang lain agar urusan-urusan itu tidak bentrok.



      SKALA PRIORITASKAN segala kepentinganmu, segala urusanmu, segala perkara-perkara yang akan dan mau kamu selesaikan sebaik-baiknya dan secermat-cermatnya. Ketika kamu menghadapi dua urusan yang menurut kamu penting dan sama pentingnya maka Skala Prioritaskan kedua kepentingan tersebut dilihat dari berbagai sudut pandang dan pertimbangan dari berbagai aspek dialog kebatinanmu.

         Kalau kamu terjebak diantara dua kepentingan maka Skala Prioritaskan kamu itu lebih berkepentingan dimana. Kalau kamu terhimpit diantara dua urusan maka Skala Prioritaskan kamu itu lebih berurusan dimana. Kalau kamu terjebak dan terhimpit diantara dua kepentingan dan urusan maka Skala Prioritaskan kamu itu lebih berkepentingan dan berurusan dimana. Karena kamu tak kan mampu dan kecil kemungkinan untuk menyelesaikan urusan dan kepentinganmu secara bersamaan dalam satu waktu dengan hanya mengandalkan dirimu sendiri.

          Skala Prioritaskan mana urusanmu yang harus kamu selesaikan dulu, Skala Prioritaskan mana kepentinganmu yang harus kamu kerjakan dulu. Makan dan tidur tidak dapat dikerjakan secara bersamaan dalam satu waktu. Karena kalau makan kita harus bangun dan kalau tidur kita tidak bisa makan. Urusan makan atau tidur dulu itu yang menjadi kebutuhanmu dan harus kau pilih satu diantara dua itu yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu, agar dapat kamu nikmati makandan tidurmu tanpa ada trouble dalam pelaksanaannya.

Buat Skala Prioritas Hidupmu Agar Hidupmu Seimbang.

1 Komentar:

Hijab Al Junnah' mengatakan...

tulisan yang ini yang paling aku suka. skala prioritas itu memang penting, tidak bisa kita cuma merancang agenda kita hanya di angan-angan. buat daftar skala prioritas. sipp wes :D