Pentingnya Mencoba


         Kalau ingin mengetahui rasanya garam itu manis maka cobalah. Kalau ingin mengetahui rasanya gula itu asin maka cobalah. Kalau ingin mengetahui kopi itu setengah asin setengah manis maka cobalah. Jangan hanya saja mengandalkan insting, teori, dan pandangan orang lain bahwa garam itu asin, gula itu manis, dan kopi itu pahit, sebelum kita benar-benar mencoba merasakan dan membuktikan dengan indera kita sendiri.



Sumber Gambar : arrrian.blogspot.com

          Garam itu belum tentu asin jika dicampur dengan gula yang komposisinya lebih banyak daripada garam. Gula itu belum tentu manis jika dicampur dengan garam yang komposisinya lebih banyak daripada gula. Kopi itu belum tentu pahit jika dicampur dengan gula / garam yang komposisinya lebih banyak daripada kopi. Maka langkah satu-satunya adalah dengan cara mencoba.

Mencoba apa yang sebenarnya belum kita ketahui secara langsung, adalah sesuatu yang lebih tepat dan pas dibanding kita mendengarkan wacana dari orang lain yang belum tentu orang tersebut dan kita sendiri bisa melaksanakan dan membuktikannya.

          Mencoba adalah suatu hal yang paling mulia ketimbang kita tidak melakukan apapun dan hanya bisa menuntut sesuai kehendak hati tanpa mengetahui dan merasakan bagaimana usaha untuk mencapai suatu hal. Mencoba itu adalah suatu hal yang paling berani yang menunjukan seberapa besar kemampuan kita untuk mencapai suatu hal tersebut.

Mencoba itu adalah suatu pertaruhan harga diri di depan banyak orang yang menentukan kita nanti berhasil atau tidak. Mencoba itu adalah suatu hal tentang kepercayaan diri bahwa di dunia ini tanpa usaha segalanya adalah nol besar atau mustahil untuk dicapai. Mencoba itu adalah suatu hal dimana nanti kita harus siap untuk menjadi seorang yang gagal, sukses, besar, kecil, beruntung, atau bahkan mungkin menjadi seorang yang selalu dan terus untuk mencoba sampai apa yang diinginkan berhasil untuk kemudian dicapai. 
         
Dengan mencoba kita akan mengerti apa yang selama ini kita anggap remeh serta mudah bagi kita untuk melakukannya meskipun kita belum tentu bisa melakukannya hanya dengan modal percaya diri dan nekat saja. Dengan mencoba kita akan mengerti apa yang sebernarnya dirasakan oleh orang lain yang mencoba untuk berhasil walaupun pada akhirnya nanti akan gagal. Dengan mencoba  kita akan mengetahui seberapa hebat kemampuan yang ada pada diri kita, sebeapa jenius kita, seberapa besar niat kita, seberapa kuat pantang menyerah yang kita punya untuk terus dan terus mencoba sampai pada akhirnya bisa.

Dengan mencoba kita akan merasakan yang namanya gagal. Dengan mencoba kita akan merasakan yang namanya sukses. Dengan mencoba kita akan memahami yang namanya perjuangan. Dengan mencoba kita akan mengerti yang namanya pengorbanan. Dengan mencoba kita akan dihantui rasa putus asa. Dengan mencoba kita akan dibayang-bayangi yang namanya pesimis. Dengan mencoba kita akan merasakan semua hal yang belum pernah kita rasakan. Mencoba segala sesuatu yang kita harapkan terbaik bagi diri kita.

Mencobalah, untuk menjawab apa yang selama ini kita pertanyakan. Mencobalah, agar kita tidak hanya berdiam diri. Mencobalah, agar kita menjadi dewasa. Mencobalah, supaya kita mampu menjadi orang yang bertanggungjawab terhadap diri kita sendiri dan orang lain. Mencobalah, sebelum kita nanti menuntut atau memaksakan kehendak kita terhadap orang lain karena dengan itu kita menjadi manusia yang paham dan peka dengan kondisi di sekitar kita.Mencoba itu penting dan paling penting adalah segera mencoba. Semakin cepat kita mencoba semakin cepat pula kita melewati yang namanya kegagalan sehingga kita semakin dekat dengan yang namanya keberhasilan.

Cobalah lalu rasakan apa yang kita dapatkan.

0 Komentar: